Peringati Sumpah Pemuda Ke 91, Rahmat Salam: Sumpah Pemuda 1928, Gelorakan Semangat Persatuan Nasional - MARITIM PERIKANAN

4019 KALI DIBACA

Peringati Sumpah Pemuda Ke 91, Rahmat Salam: Sumpah Pemuda 1928, Gelorakan Semangat Persatuan Nasional

Peringati Sumpah Pemuda Ke 91, Rahmat Salam: Sumpah Pemuda 1928, Gelorakan Semangat Persatuan Nasional

TANGERANG SELATAN |
Pemuda adalah mereka yang memiliki semangat merealisasikan nilai-nilai luhur bangsa dan agamanya, serta mempunyai visi besar dan bersungguh-sungguh untuk mewujudkannya melalui perubahan, dari diri, sendiri keluarga, masyarakat, bangsa, negara dan agama.  Sebagai generasi penerus, generasi pengganti dan generasi pembaharu pendahulu mereka, para pemuda akan menjadi tonggak perubahan suatu bangsa. Baik buruknya suatu bangsa dapat dilihat dari pemudanya. Hal itu dikatakan Rahmat Salam Asda I Kota Tangerang Selatan saat ditemui media usai pelaksanaan upacara Hari Sumpah Pemuda Ke 91 di Lapangan Sunburst Serpong, Kota Tangerang Selatan, Senin (28/10/19).

“Banyak pelajaran dan hikmah yang sangat berharga di Hari Sumpah Pemuda ini, yang dapat dipetik khususnya bagi para pemuda di jaman sekarang, katanya lagi,  Peristiwa sumpah pemuda 1928, dapat kita jadikan pedoman dalam berpikir, pemompa semangat generasi bangsa yang hidup di era kemerdekaan untuk mengawal, meneruskan cita-cita dan mengisi kemerdekaan yang telah mereka perjuangkan.

Dijelaskan Rahmat Salam, di tahun 1928, para pemuda dari berbagai daerah berkumpul dan menyatukan tekad untuk mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia, yang berbangsa satu,  berbahasa satu,  tanah air Indonesia

Para pemuda di tahun 1928 jelas memiliki visi yaitu visi kemerdekaan sehingga para pemuda berupaya penyatuan berbagai unsur yang sangat heterogen/ berbagai etnis.  Perjuangan pemuda Indonesia pada waktu itu adalah kemerdekaan dan kemuliaan bangsa Indonesia. Semangat persatuan nasional menjadi roh, jiwa dan energi serta kekuatan bangsa Indonesia. Para pemuda tidak terjebak dengan persoalan perbedaan agama, kesukuan, ras, kedaerahan dan golongan.

“Perjuangan mereka, telah menjauhkan pikiran, sikap dan tindakan untuk kepentingan yang bersifat golongan, kelompok dan individu.

Karena itu, kata Rahmat Salam,  Sumpah Pemuda merupakan suatu keniscayaan yang betul-betul harus kita peringati. Karena implementasi dari pemuda itu betul-betul menjewantahkan semangat masa lalu untuk tetap bersatu,  satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Oleh karena itu, Peringati Sumpah Pemuda yang kita laksanakan setiap tahun merupakan hal yang harus diteruskan kepada generasi penerus.

Semangat itu harus kita teruskan kedepan dalam rangka mempersiapkan pemuda lebih berperan aktif mengisi pembangunan kedepannya.

Persatuan dari seluruh semua etnis harus kita wujudkan dengan persatuan dan kesatuan.  Memang sulit dilakukan tetapi kita tetap semangat, dan dimelalui dari sekolah-sekolah untuk membangun pemuda yang dapat menguasai teknologi. Tentunya melalui pembinaan, pengalangan dan pelatihan sehingga menghasilkan generasi muda yang cerdas dan intelektual.

“Sumpah Pemuda Ke 91 adalah usianya sangat matang khususnya bagi para pemuda Indonesia untuk menyingsingkan lengan bersama-sama mengisi pembangunan demi kejayaan bangsa dan negara”tuturnya.

Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke 91, ” #Bersama Kita Maju. (Rel)